Kanal

Peningkatan Pemahaman Identitas Nasional Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia Bagi Generasi Muda di Panti Asuhan As-Shohwah Pekanbaru

PUBLIKTERKINI.COM,Pekanbaru - Dosen Universitas Islam Riau (UIR) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Catur Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh Erlina, S.H., M.H sebagai ketua selanjutnya Tim anggota Idham Khalid, S.T., M.T dan Dr. Zulherman Idris, S.H., M.H. Jum’at (10/11/2023).

Sosialisasi pengabdian kepada masyarakat dilakukan pada Anak-Anak Panti Asuhan As-Shohwah Pekanbaru yang beralamat di Jalan  Merpati Sakti, Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru.

Ketiga dosen tersebut membahas tentang “Identitas Nasional Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia” Kegiatan sosialisasi ini tentunya bertujuan memberikan pemahaman terkait Identitas Nasional dan wujud dari identitas nasional bangsa Indonesia itu sendiri.

Identitas Nasional merupakan suatu ciri yang dimiliki oleh bangsa kita untuk dapat membedakannya dengan bangsa lain. Beragamnnya suku bangsa serta bahasa di Indonesia, merupakan suatu tantangan besar bagi bangsa ini untuk tetap dapat mempertahankan identitasnnya.

Hal ini tidak terlepas dari tanggungjawab dan perjuangan dari warga Indonesia itu sendiri khususnya generasi muda Indonesia agar dapat menjaga nama baik bangsanya.

Adapun bentuk Identitas Negara Indonesia adalah bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional atau bahasa persatuan, bendera Negara yaitu Sang Merah Putih, lagu Kebangsaan yaitu Indonesia Raya, lambang Negara yaitu Garuda Pancasila, Konstitusi (Hukum Dasar) Negara adalah UUD NRI 1945, bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bentuk-bentuk identitas nasional ini telah diatur dalam peraturan perundangan baik dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 maupun dalam peraturan yang lebih khusus.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER