Kanal

COD Fase A SPAM Pekanbaru Momentum Tirta Siak dan Tirta Madani Berikan Pelayanan Maksimal

PUBLIKTERKINI.COM,Pekanbaru - Soft Launching Proyek KPBU SPAM Kota Pekanbaru bersama Perumda Tirta Siak dan Tirta Madani, Jumat (30/9/2022) jadi momentum menjadikan Kota Pekanbaru lebih sehat dan lebih layak untuk ketersediaan air minum yang sehat dan air bersihnya terpenuhi.

Harapan ini menyusul terus dibenahinya secara bertahap sistem pipanisasi atau pergantian pipa PDAM dengan pipa yang baru. Dengan target lima tahun kedepan, pada tahun 2027 terpenuhinya kualitas, kuantitas dan kontinuitas (3K) air minum untuk kebutuhan masyarakat Kota Pekanbaru.

Direktur PT PP Tirta Madani Reza Afnan mengatakan, pergantian pipa PDAM dari pipa lama ke pipa baru di Pekanbaru, akan rampung dalam 5 tahun ke depan, yakni tahun 2027.

"Pembaharuan pipa secara bertahap akan diselesaikan dalam 5 tahun ke depan (2027). Jadi seluruh pipa yang ada akan diganti,” ujar Reza Afnan saat penandatanganan berita acara soft launching COD Proyek KPBU SPAM Pekanbaru, Jumat, 30 September 2022, di Instalasi Pengelolaan Air Tampan.

Target itu katanya, sesuai lingkup kerja sama selama 25 tahun, pihak PP Tirta Madani bertugas memastikan kualitas, kuantitas dan kontinuitas dari pengolahan air minum untuk kebutuhan masyarakat.

Dengan demikian, lanjutnya, dari pihak Perumdam Tirta Siak akan lebih memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat untuk memenuhi aspek 3K itu.

Reza menambahkan, untuk nilai investasinya sebesar Rp500 miliar yang mana para investor terdiri dari perusahaan pemegang saham PP Tirta Madani, pemerintah, termasuk dari sumber modal dari pinjaman oleh instansi finansial.

“Tahun ini, kami sudah membangun kapasitas 500 liter per detik, jaringan pipa proses penggantian selama 5 tahun untuk menggantikan 100% jaringan pipa yang ada," imbuhnya.

Lebih lanjut, tahun 2026 mendatang akan dibangun lagi instalasi yang baru dengan kapasitas 250 liter per detik. Target ini untuk menyuplai kebutuhan air bersih dan air minum di Pekanbaru sebesar 750 liter per detik.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Tirta Siak Agung Anugerah menjelaskan, pembangunan untuk Proyek KPBU SPAM ini akan dilakukan secara 6 tahap. Adapun tahap pertama sudah selesai, karena proses pembangunan sudah dimulai sejak Juli 2021 hingga September 2022.

“Sekarang pipa yang sudah terpasang ada di area Sukajadi dan Payung Sekaki. Totalnya nanti, jika seluruh proses pembangunan pipa sudah selesai, maka sudah bisa di distribusikan air bersih di 7 kecamatan,” ujarnya.

Disebutkan, ketujuh kecamatan tersebut yakni; Pekanbaru Kota, Sail, Sukajadi, Senapelan, Payung Sekaki, Limapuluh dan Bukit Raya.

Asisten II Kota Pekanbaru El Sabrina mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru usai launching sangat mengapresiasi dilaunchingnya Soft Launching Proyek KPBU SPAM Kota Pekanbaru bersama Perumda Tirta Siak dan Tirta Madani. Harapannya dengan menjadikan Kota Pekanbaru menjadi lebih sehat dan lebih kayak untuk air minumnya sehat, air bersihnya terpenuhi.

Ia yakin beberapa tahun lagi, masyarakat bisa lihat keran keran air langsung dibuka, dimasukkan ke gelas dan langsung bisa diminum, seperti kota kota di negara maju.

"Semoga dengan adanya kerjasama KPBU SPAM ini Perumda Tirta Siak juga bisa lebih memaksimalkan layanan kepada pelanggan," harapnya.

El Sabrina juga mengingatkan kepada Perumda Tirta Siak dan Tirta Madani untuk menjaga sistem jaringan pipanisasi yang ramah lingkungan.

"Jadi, air bersihnya mengalir, fasilitas umum yang digunakan warga pun kita pastikan kondisinya juga baik dan tidak membahayakan," tutup El Sabrina.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER