Kanal

Pelatihan Kepemimpinan Organisasi (PKO) HIMAPRODI PEKON FKIP UNRI

PUBLIKTERKINI.COM,Pekanbaru - Kegiatan Pelatihana Kepemimpinan Organisasi ( PKO ) merupakan kegiatan yang menjadi wadah untuk menumbuhkan semangat berorganisasi bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi, selain itu kegiatan ini juga membentuk jiwa kepemimpinan mahasiswa Pendidikan Ekonomi. 

Kegiatan PKO ini dilaksanakan oleh pengurus HIMAPRODI Fekon FKIP UNRI yang ditujukan untuk mahasiswa aktif Pendidikan Ekonomi 2021.

Acara PKO ini dilaksanakan pada Senin, 24 Januari 2022 di Ruang Kelas C7 PRODI PEKON FKIP UNRI, yang diawali dengan registrasi pada pukul 08.30 WIB. 

Acara ini dimulai oleh MC yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan sekaligus pembukaan acara oleh salah satu dosen Pendidikan Ekonomi FKIP UNRI Bapak M. Yogi Riantama Isjoni SE, MM. beliau mengatakan bahwa “organisasi merupakan rumah pertama bagi seorang organisator”

 Acara PKO ini diisi oleh dua pemateri, yang mana pemateri pertama yaitu Saudara Kahruddin HSN DM selaku Presiden Mahasiswa UNRI yang menyampaikan materi tentang Leadership dan Team Work, dalam materi tersebut beliau memaparkan “Seorang Leadership harus bisa naik seranting lebih tinggi dan selangkah lebih maju dari anggotanya”

Setelah beliau selesai menyampaikan materi, dibentuklah kelompok untuk mengaplikasikan materi yang telah beliau sampaikan.

Beliau membagi kelompok menjadi tim pro dan kontra yang membahas isu tentang IKN. Dalam pembahasan tentang isu IKN ini terjadi perdebatan antara tim pro dan kontra yang mana tim pro mengatakan “Ibukota harus dipindahkan agar perputaran investasi meluas dan mengurangi padatnya penduduk di pulau Jawa.” Sedangkan tim kontra mengatakan bahwasanya “Perpindahan ibukota akan Semakin menambah hutang Indonesia yang mana dalam perpindahan tersebut mengeluarkan biaya yang sangat besar. 

“ Perdebatan ini berakhir ketika waktu yang disediakan telah habis. Setelah kegiatan penyampaian materi oleh pemateri pertama selanjutnya pemberian plakat oleh Bupati Mahasiswa HIMAPRODI PEKON FKIP UNRI Saudari Angel Sri Meilinda kepada pemateri sekaligus sesi foto bersama. 

  Setelah penyampaian oleh pemateri pertama MC menyampaikan bahwasanya diberikan waktu untuk istirahat makan dan sholat dzuhur, setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian pemateri kedua yang disampaikan oleh Saudara Razali dengan materi manajemen organisasi dan Manajemen waktu, dalam materi tersebut beliau memaparkan “Dalam manajemen waktu perlu dibuatnya penjadwalan atau rencana pemanfaatan waktu “ kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Terdapat 3 pernyataan yang diajukan oleh mahasiswa aktif Pendidikan Ekonomi 2021 kepada pemateri kedua, yang mana pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh pemateri kedua. 

 Setelah sesi tanya jawab pemateri kedua menutup kegiatan penyampaian materinya dan setelah itu acara dilanjutkan dengan pemberian plakat kepada pemateri kedua yang diberikan oleh ketua pelaksana yaitu Saudari Radha Revina sekaligus dengan sesi foto bersama. 

Setelah penyampaian dari pemateri kedua maka berakhirlah kegiatan PKO yang dilaksanakakan oleh pengurus HIMAPEKON FKIP UNRI, sebelum kegiatan berakhir Bupati mahasiswa HIMAPRODI PEKON FKIP UNRI yaitu Saudari Angel Sri Meilinda menutup kegiatan PKO ini dengan mengatakan “PKO sangat penting untuk membangun kesadaran calon-calon organisator penerus organisasi, dan ia berharap dengan adanya PKO ini mahasiswa aktif Pendidikan Ekonomi dapat lebih percaya diri dan dapat ikut berpartisipasi dalam memajukan organisasi terutama di HIMAPRODI PEKON FKIP UNRI.”

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER