Kanal

Mahasiswa Unsoed Ciptakan Orang-orangan Sawah Bergerak 24 Jam

Publiterkini.com - Meski pandemi Covid-19, tetapi tak menyurutkan semangat tiga mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) untuk berinovasi.

Ketiga mahasiswa tersebut menciptakan alat yang dapat bekerja secara otomatis atau terus menerus 24 jam. Yakni orang-orangan sawah.

Ternyata, mereka memanfaatkan aliran air saluran irigasi dengan membuat inovasi baru Wapoge (Water Power Generator) alat yang dapat menghasilkan energi mekanik dan energi listrik guna meminimalisir kegagalan panen padi yang diakibatkan oleh hama.

Mahasiswa Unsoed tersebut ialah Lilis Dwi Saputri mahasiswa Teknik Pertanian angkatan 2019, Elsa Wulandari mahasiswa Teknik Pertanian angkatan 2019, dan Febri Nur Azra mahasiswa Teknik Pertanian angkatan 2018.

Inovasi di bawah bimbingan dosen Jurusan Teknologi Pertanian, Afik Hardanto, S.TP., M.Sc., Ph.D., tersebut berhasil lolos pada pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta (PKM-KC) Tahun 2021.

"Sebagai mahasiswa Teknik Pertanian, kami ingin ikut andil dalam meningkatkan produktivitas komoditas pertanian, khususnya padi di Indonesia," ujar Lilis ketua tim PKM-KC seperti dikutip dari laman Unsoed, Selasa (17/8/2021).

Solusi efektif bagi petani

Awal mula ide inovasi tersebut karena tim ini melihat masih adanya kegagalan panen padi yang disebabkan oleh hama.

Menurutnya, hama padi ini berperan besar dalam menyebabkan kegagalan panen, sehinga harus segera dicari solusi yang efektif dan efisien.

Sebagian petani telah melakukan berbagai cara untuk mengusir hama burung, yakni dengan memasang bunyi-bunyian, dan membunyikannya secara berkala serta secara manual, dan ada juga petani yang harus menunggu satu hari penuh di sawah.

Akan tetapi, hal tersebut kurang efektif dan efisien karena petani yang datang berkala ke sawah pasti akan kecolongan oleh hama burung dan yang harus menunggu seharian di sawah akan menghabiskan banyak waktu.

Oleh karena itu, mereka menggagas sebuah solusi dan terciptalah Wapoge yang memanfaatkan aliran air saluran irigasi head rendah untuk menggerakkan turbin ulir.

Tentu gerakannya akan difungsikan untuk menggerakkan orang-orangan sawah yang dapat bekerja terus-menerus selama 24 jam.

Selain itu Wapoge ini juga menghasilkan energi listrik yang dimanfaatkan untuk menangkap hama serangga pada malam hari.

"Sehingga, kami menganggap alat ini lebih efektif dan efisien dalam pengusiran burung dan penangkapan hama serangga yang menyerang padi dan juga dapat membantu meringankan pekerjaan petani," terangnya.

Meski demikian, Lilis mengakui Wapoge ini masih harus diteliti dan dikembangkan lebih lanjut.

Dan setelah melewati berbagai uji, saat ini Wapoge dalam proses untuk mendapatkan paten.



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mahasiswa Unsoed Ciptakan Orang-orangan Sawah Bergerak 24 Jam, Ini Cara Kerjanya"

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER