Kanal

Tim Kukerta Unri Buat Nugget Ikan Patin Bersama PKK Desa Tanjung Bungo

Publikterkini.com - Tim Pengabdian Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Universitas Riau (Unri) mengisi kegiatan PKK di Desa Tanjung Bungo, Rabu (4/8//2021). Dalam kegiatan ini tim kukerta Unri mensosialisasikan cara pembuatan Nugget yang berbahan dasar ikan patin.

Alasan memilih ikan patin sebagai bahan dasar adalah karna ikan patin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti dapat mengurangi resiko penyakit jantung, meningkatkan fungsi otak, mengatasi masalah obesitas, menyehatkan otot dan banyak manfaat lainnya. Kemudian juga karena ikan patin mudah didapat terkhususnya di daerah Kampar.

Tim Kukerta Balek Kampung Universitas Riau Desa Tanjung Bungo mendemonstrasikan secara sederhana dengan beberapa bahan yang diperlukan seperti ikan patin, tepung, telur dan bahan lainnya. Kemudian menjelaskan terkait tahapan bagaimana cara membuat olahan nugget ikan patin yang dimulai dengan memisahkan daging patin dari durinya terlebih dahulu. 

Tahap selanjutnya ialah menghaluskan daging ikan patin kemudian mencampurkanya dengan telur dan tepung, untuk bahan penyedap rasa bisa ditambahkan sesuai selera. 

Selanjutnya, adonan bisa dibentuk sesuai selera dan digoreng. Kegiatan ini inisiatif dari salah satu mahasiswa KKN yang bernama Fadhilah Al Hafiz dari  fakultas perikanan dan ilmu kelautan, jurusan teknologi hasil perikanan. 

Menurut Fadhil, Nugget IKATIN (Ikan Patin) merupakan solusi bagi orang tua yang anaknya tidak menyukai ikan, dengan mengkreasikan ikan patin biasa menjadi nugget yang memiliki bentuk menarik dan rasa yang unik akan menambah nafsu makan anak.

Sementara menurut Ketua PKK, Nuroni, kegiatan ini merupakan hal yang baru bagi tim PKK dimana sangat menjadi kreasi makanan baru yang bisa diterapkan dalam keluarga dan juga bisa dikembangkan menjadi usaha untuk menambah penghasilan apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini. *

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER