Kanal

Ini Pengakuan Otak Pelaku Teror Kepala Anjing ke Rumah Pejabat Kejati Riau

Publikterkini.com - Setelah ditangkap, akhirnya terkuak apa motif pelaku Yose Cs melakukan aksi teror ke rumah pejabat Kejaksaan Tinggi Riau, Muspidauan SH.

Pelaku sakit hati karena adannya musyawarah luar biasa (Musdalub) pengurusan Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Pekanbaru. Dimana korban terpilih secara aklamasi sebagai ketua harian menggeser tersangka.

Tak hanya rumah pejabat Kejati Riau yabg diteror pelaku ini. Mantan anggota DPRD Pekanbaru ini juga ternyata otak pelaku penyiraman bensin ke rumah M Nasir Penyalai. 

''Motif Yose melakukan teror karena  dilatarbelakangi rasa sakit hati pada korban, karena adanya musdalub tersebut,'' kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, melalui Kasat Reskrim Kompol Juper Lumban Toruan, Ahad (30/5/2021) di Mapolresta Pekanbaru.

Dijelaskannya, kenapa teror kepala anjing, karena sebagai bentuk perlawanan dan ketidaksenangan sama korban. Hal ini juga agar membuat korban tidak nyaman. 

Sementara itu mengenai penangkapan otak pelaku teror ini, setelah polisi mendapat informasi kalau tersangka sedang berada di Padang, Sumbar.

Tim langsung ke Sumbar dan menciduk pelaku tanpa perlawanan saat berada di salah satu rumah makan di Kota Padang, Jumat (28/5/2021) pagi.

''Peran YS sendiri dalam aksi teror ini merupakan sebagai penyandang dana, dan inisiator untuk melakukan kejahatan tersebut,'' jelasnya.

Aksi ini direncanakan secara spontan oleh YS. Ia menyuruh empat pelaku lainnya sebagai eksekutor. Dua hari sejak ide itu muncul, mereka mulai menjalankan aksinya. Diawali dengan memantau kondisi rumah korban. 

''Tersangka kita jeratPasal 335 ayat 1 KUHP pasal 187, tentang tindak kekerasan dan ancaman dengan ancaman 7 tahun penjara," ungkapnya. *

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER