Ketersediaan Bahan Pangan di Pekanbaru Aman Selama Ramadan

Selasa, 20 April 2021

Ilustrasi. Net

Publikterkini.com - Ketersediaan pangan untuk Kota Pekanbaru selama Bulan Suci Ramadan diperkirakan mencukupi kebutuhan masyarakat. Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru mengklaim untuk ketersediaan pangan saat ini tidak ada masalah. 

Bahkan ketersediaan pangan saat ini dipastikan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat selama Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Kita lihat untuk ketersediaan pangan saat ini tidak ada masalah. Masih cukup untuk Ramadhan dan lebaran nanti," kata Kepala Disketapang Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan, hari ini.

Menurutnya, walaupun Kota Pekanbaru bukan daerah penghasil komoditi pangan, namun hasil pertanian lokal kini juga sudah bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Pekanbaru. 

Seperti kedelai, jagung, dan sayur-sayuran. Kemudian di sektor perikanan dan peternakan. Walaupun memang ada beberapa komoditi pangan yang harus disuplay dari daerah lain.

"Masih bisa untuk membantu kebutuhan masyarakat Pekanbaru. Saat ini harga pangan juga masih relatif stabil," terangnya. 

Ia mengungkapkan, sepanjang cuaca tidak ekstrim seperti menyebabkan longsor atau  banjir di daerah penghasil, untuk harga pangan di Pekanbaru juga akan relatif stabil. Karena kelancaran distribusi dari daerah penghasil juga mempengaruhi harga dan ketersediaan pangan itu sendiri. 

Ia menambahkan, tingginya permintaan dan pertumbuhan usaha kuliner di Pekanbaru juga dapat memicu terjadinya peningkatan harga pangan di Pekanbaru.

Sementara itu untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga pagan selama Bulan Ramadan ini, pihaknya juga membuka Pekan Pangan Madani (PPM) setiap harinya yang digelar di halaman Kantor Disketapang Pekanbaru.

Disana dijual hasil pertanian dan bahan pokok lainnya dari para kelompok tani. Hal ini untuk membantu masyarakat agar lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan pangan selama Ramadan. *