Pria Berpisau Serang Jemaah di Masjid Albania, 5 Jemaah Terluka

Selasa, 20 April 2021

Publikterkini.com - Seorang pria bersenjata pisau menyerang jemaah di sebuah masjid di ibu kota Albania, Tirana, Senin (19/4). Serangan tersebut setidaknya melukai lima orang.

Serangan ini diyakini sebagai insiden pertama yang terjadi di sebuah tempat ibadah di Albania. Lebih dari separuh penduduk Albania diketahui memeluk Islam.

Kelima orang yang terluka, semuanya pria berusia 22 tahun hingga 35 tahun. Mereka telah dibawa ke rumah sakit dan tidak dilaporkan berada dalam kondisi yang mengancam jiwa.

"Kepolisian telah memberikan pertolongan pertama kepada warga yang terluka, yang dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan bantuan medis dan nyawanya tidak dalam bahaya," kata pihak berwenang dalam sebuah pernyataan.

Pelaku penyerangan yang berusia 34 tahun telah ditangkap. Namun, motif di balik serangan tersebut tidak jelas.

Ahmed Kalaja, imam masjid, mengatakan pria bersenjata itu menyerang jamaah dan staf pada saat masjid penuh selama Ramadhan.

"Saya berharap ini bukan tindakan teroris, tetapi tindakan orang yang tidak stabil," kata Ahmet Kalaja kepada media lokal, dikutip AFP, Senin (19/4).

Laporan lokal mengatakan penyerang menikam dan melukai seorang pelayan di restoran pizza sebelum bergegas ke masjid.

Sementara Ketua Komunitas Muslim Albania, Bujar Spahiu, juga mengutuk serangan itu, dan meminta pihak berwenang untuk menjelaskan peristiwa tersebut.

Menurut sumber, sebelum kejadian ini, tersangka dicari oleh polisi karena serangan penikaman di halte bus Tirana pada Maret lalu. Hal ini belum dikonfirmasi oleh pihak berwenang.