Wagub DKI Heran Jakarta Termasuk Dalam Kota Termahal di Dunia

Rabu, 14 April 2021

Publikterkini.com - Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengaku heran Jakarta masuk dalam daftar kota termahal ke-20 dari 25 kota di dunia pada 2021 versi Laporan Bank Julius Baer's Global Wealth and Lifestyle 2021.

Jakarta berada di urutan ke-20 mengalahkan Mummbai, Meksiko, dan Vancouver. Sementara itu, kota yang dinobatkan menjadi kota termahal di dunia adalah Shanghai. Urutan selanjutnya ada Tokyo, Hongkong, Monaco, dan Taipei.

Riza menyatakan bakal mengecek lebih lanjut indikator yang menempatkan Jakarta masuk dalam daftar tersebut.

"Nanti kita cek kenapa dikatakan mahal, indikatornya apa, sudut pandang mana yang dilihat," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa (13/4).

Riset Bank Julius Baer's menyatakan, patokan kota termahal menggunakan indikator harga barang-barang untuk gaya hidup. Semisal barang elektronik, mobil, hingga minuman beralkohol.

Dalam riset tersebut, Jakarta termasuk kota yang mahal untuk membeli whisky, tas wanita, dan mobil.

Menanggapi hal itu, Riza memastikan harga-harga di Jakarta terjangkau. Terlebih untuk harga pangan dan kebutuhan pokok.

"Jakarta harga-harga terjangkau dengan baik, enggak ada yang mahal. Semua sesuai dengan kemampuan kita," ungkapya.

Namun demikian, Riza melihat bahwa masuknya Jakarta dalam daftar kota termahal disebabkan beberapa faktor. Salah satunya karena Jakarta banyak dikunjungi orang dari berbagai daerah, termasuk luar negeri.

"Jakarta masuk 20 Kota termahal, satu sisi Jakarta banyak diminati orang. Kalau termahal, satu sisi banyak orang yang datang ke Jakarta, supply demand-nya ada," jelas Riza.

Selain Jakarta, laporan ini pun menempatkan Asia sebagai benua termahal di dunia. Kawasan ini dinilai 'tahan banting' terhadap pandemi covid-19 karena meski ekonomi tertekan corona, harga barang masih tetap tinggi.