Pekerja Temukan Benda yang Diduga Peluru Pelontar Saat Gali Septic Tank

Sabtu, 10 April 2021

Seorang pekerja bangunan menemukan benda yang diduga sebagai peluru pelontar di Kelurahan Bancar, Kecamatan Purbalingga, kemarin.

Dia menemukan peluru pelontar itu, saat sedang menggali lubang untuk pembuatan septic tank.

Kapolsek PurbaIingga AKP Nur Susalit mengatakan, benda diduga peluru pelontar ditemukan oleh Suyatno (38) warga Desa Slinga, Kecamatan

“Saat itu, fia yang sedang bekerja membuat septic tank rumah milik Sumarmianta di Kelurahan Bancar,” katanya, Sabtu(10/4).

Dia menjelaskan, pada saat menggali di kedalaman kurang lebih 30 centimeter, dia menemukan benda besi bulat dan panjang mirip dengan peluru.

Penemuan tersebut langsung disampaikan kepada temannya bekerja.

“Kemudian peristiwa penemuan benda diduga peluru dilaporkan ke Polsek Purbalingga,” lanjutnya.

Anggota dari Polres Purbalingga kemudian mendatangi lokasi bersama personel TNI. Aparat langsung memeriksa dan mengamankan benda yang sudah berkarat tersebut.

"Dari hasil pemeriksaan benda temuan tersebut memiliki panjang 10 cm dan diameter 5 cm. Kondisi benda yang merupakan peluru pelontar tersebut sudah berkarat," jelasnya.

Susalit mengaku belum mengetahui secara pasti peluru itu masih aktif atau tidak. Pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan oleh tim penjinak bahan peledak.

"Benda tersebut sementara diamankan di gudang senjata Polres Purbalingga," kata Susalit.

Polisi juga belum bisa memastikan apakah masih ada peluru lain di sekitar lokasi penemuan tersebut. Namun demikian, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar segera melapor apabila menemukan benda mencurigakan seperti peluru agar dapat ditangani oleh aparat.

"Mohon berhati-hati dan segera melapor jika menemukan benda yang mencurigakan agar segera dapat kami tangani," pungkasnya.