Bulan Ramadhan, Belajar Tatap Muka Tetap Berlangsung

Jumat, 09 April 2021

Publikterkini.com - Bulan Suci Ramadhan, belajar tatap muka tetap dilaksanakan bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri maupun swasta. 

"Bulan puasa (belajar tatap muka) masih jalan. Lanjut tak ada perubahan," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas hari ini.

Menurutnya, dalam Bulan Suci Ramadhan tidak mempengaruhi belajar tatap muka bagi peserta didik. Karena belajar tatap muka yang tengah berlangsung juga terbatas. 

Peserta didik hanya masuk dalam kelas sekitar dua jam untuk belajar tatap muka. Selain itu mereka hanya belajar tatap muka dua kali dalam seminggu secara bergantian. 

Saat ini ada sebanyak 179 SD Negeri yang telah melaksanakan pembelajaran tatap muka. Kemudian ada 45 SMP Negeri, dan sebanyak 60 lebih sekolah swasta yang terdiri dari tingkat SD dan SMP. 

Ia mengungkapkan, hasil evaluasi yang dilakukan dalam dua pekan sekali pihaknya menyatakan belajar tatap muka masih aman. Belum ditemukan peserta didik yang terpapar covid-19. 

Ia menilai sekolah yang melaksanakan belajar tatap muka menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Namun, ia juga tak menampik ada beberapa sekolah yang masih abai menjalankan protokol kesehatan. 

"Cuma ada beberapa sekolah kemarin yang mulai longgar menjalankan protokol kesehatan. Maka saya kumpulkan seluruh kepala sekolah kemarin, kita minta tetap disiplin. Dia kan gitu tu, kalau sudah lama jalan agak abaik. Kita panggil kita wanti-wanti lagi," pungkasnya. *