Pembuatan Jalur Sepeda di Pekanbaru Ditunda, Ini Penyebabnya

Selasa, 06 April 2021

Publikterkini.com - Rencana pembuatan jalur khusus sepeda di sejumlah ruas jalan tampaknya belum dapat direalisasikan di tahun 2021 ini. Penyebabnya karena Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih terganjal kemampuan keuangan daerah untuk pembuatan jalur khusus sepeda ini. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso menjelaskan, tahun 2021 ini pemerintah kota melakukan refocusing anggaran akibat pandemi covid-19. Maka sejumlah kegiatan mengalami penundaan untuk mendahulukan kegiatan prioritas. 

"Rencana memang tahun ini. Tapi karena kita refocusing, maka disesuaikan lagi dengan kemampuan keuangan daerah," kata Yuliarso, hari ini.

Menurutnya, pembuatan jalur sepeda ini akan tetap direncanakan. Apalagi saat ini bersepeda telah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Dengan kebiasaan masyarakat ini, maka pemerintah kota mendukung dengan menyediakan jalur Khusus sepeda. 

Hal ini juga dapat memberi rasa aman bagi pesepeda sendiri dalam bersepeda di jalan raya. 

Ia menyebut, tahun ini pihaknya bakal membuat desain atau detail engineering design (DED) jalur sepeda. Sebelumnya kajian terkait jalur khusus sepeda telah dilakukan. Dari kajian itu telah ditentukan rute-rute khusus pesepeda, yang akan terhubung dari antar kecamatan.

"Tidak hanya itu, dalam kajian itu rute jalur sepeda ini juga terhubung dengan zona sekolah, pusat perbelanjaan dan wisata dalam Kota Pekanbaru," terangnya. 

Terkait kapan pembuatan jalur khusus sepeda tersebut, Yuliarso belum bisa memastikan kapan akan terealisasi. Realisasi jalur sepeda itu bisa dilakukan apabila sudah ada rencana anggaran, sedangkan sekarang masih dalam proses DED.

Untuk menentukan anggaran itu perlu Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mana itu berdasarkan pada DED tadi. *