Pemko Pekanbaru Masih Miliki 8 Ribu Dosis Vaksin

Jumat, 02 April 2021

dr Zaini Rizaldy

Publikterkini.com - Dinas Kesehatan (Diskes) mengklaim jumlah ketersediaan vaksin covid-19 masih mencukupi untuk saat ini. Vaksin ini diperuntukkan untuk melayani vaksinasi bagi kelompok masyarakat Lanjut Usia (Lansi) dan pelayanan publik. 

Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, ketersediaan vaksin mencapai 8.000 dosis. 

Menurutnya, dengan ketersediaan vaksin saat ini pihaknya belum mengusulkan vaksin tambahan ke Pemerintah Provinsi Riau. Vaksin ini akan segera disuntikkan kepada calon penerima vaksin. 

Zaini menyebut, vaksinasi covid-19 saat ini tengah berlangsung bagi kelompok masyarakat Lansia dan pelayanan publik.

Sementara, untuk kelompok tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di fasilitas kesehatan di Kota Pekanbaru telah tuntas seluruh nya. Ada sekitar 14.000 Nakes yang telah menjalani vaksinasi. 

"Sementara kelompok Lansia yang sudah divaksin 5.269 orang. Kemudian pelayanan publik, total semua ada 27.991 orang yang sudah di vaksin," terangnya hari ini.

Pihaknya juga akan melakukan vaksinasi masal terhadap masyarakat. Ada kelompok Lansia, LPM, dan tokoh agama. Jumlah penerima vaksin dalam kelompok ini berkisar mencapai 5.000 orang. 

Pemerintah kota melalui Diskes Pekanbaru juga telah bekerjasama dengan 28 Rumah Sakit dan 21 Puskesmas untuk melakukan vaksinasi ini. Hal ini untuk mempercepat proses vaksinasi. 

Zaini mengimbau masyarakat, khususnya kelompok Lansia yang belum melakukan vaksinasi untuk segera disuntik vaksin. 

Kelompok Lansia dapat melakukan vaksinasi secara mandiri. Masyarakat hanya cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke fasilitas kesehatan terdekat. *