Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok di Pekanbaru Masih Stabil

Rabu, 31 Maret 2021

Ilustrasi. Net

Publikterkini.com - Dua pekan menjelang Bulan Suci Ramadhan, sejumlah bahan pokok di pasar tradisional masih stabil belum mengalami kenaikan harga. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, harga bahan pokok di pasaran masih fluktuatif. Belum ada terjadi kenaikan harga yang signifikan jelang Bulan Ramadhan. 

"Dari pantauan kita, masih fluktuatif. Masih dalam batasan yang normal," kata Ingot, hari ini. 

Untuk cabai merah asal Bukitinggi saat ini di harga Rp52 ribu per kilogram. Cabai merah medan Rp50 ribu per kilogram. Bawang merah Rp26 ribu per kilogram. Kentang Rp10 ribu per kilogram. Tomat Rp9 ribu per kilogram. Daging sapi Rp120 ribu per kilogram. Daging ayam Rp22 ribu per kilogram

Sementara untuk ketersediaan bahan pokok sendiri dikatakan Ingot masih mencukupi kebutuhan masyarakat. Bahan pokok yang didatangkan dari luar Kota Pekanbaru seperti beras, sayur, cabai dan bawang masih berjalan lancar. 

Belum ada pembatasan pasokan yang didatangkan jelang Bulan Ramadhan ini. Pihaknya juga bakal menggelar rapat koordinasi pada, Kamis (1/4) mendatang untuk persiapan menjelang bulan Ramadhan ini. 

"Kita rapat bersama kementerian dan OPD terkait tingkat provinsi, dan kabupaten/kota. Nanti disitu kita dapat lebih tajam lah untuk membahas ketersediaan bahan pokok ini," jelasnya. 

Salah satu yang dikuatirkan nantinya terhadap cuaca ekstrem yang terjadi saat ini. Ia menilai cuaca dapat mempengaruhi hasil produksi bahan pokok pada daerah penghasil. 

Karena Kota Pekanbaru sendiri merupakan daerah konsumsi, dimana bahan pokok didatangkan dari daerah penghasil untuk hasil tani. *