Ratusan Rumah Dekat Pinggiran Sungai Sail Terendam Banjir, Ini Penyebabnya

Selasa, 30 Maret 2021

Kawasan pemukiman warga yang terendam banjir

Publikterkini.com - Ratusan rumah warga terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru dinihari kemarin. Ketinggian genangan air beragam hingga mencapai 1,5 meter. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Zarman Candra mengatakan, ratusan rumah warga yang direndam banjir itu tersebar di lima titik dalam wilayah Kecamatan Bukit Raya dan Tenayan Raya.

"Hasil peninjauan kita ada lima titik banjir hari ini. Seluruhnya perumahan di pinggiran Sungai Sail. Untuk satu titik ada sekitar 120 rumah yang terendam banjir dengan ketinggian hingga 1,5 meter," kata Zarman, hari ini. 

Menurutnya, titik banjir yang telah dilakukan peninjauan ini tersebar seperti di Jalan Cengkeh, Tangor, Sungai Batak, Attaya dan satu titik lagi di Tenayan Raya. Untuk titik banjir yang cukup banyak di Bukit Raya. 

Dari hasil peninjauan yang dilakukan, sebahagian besar warga memilih bertahan di rumah untuk menjaga barang-barang yang ada karena belum sempat dievakuasi.

Ia menyebut, saat ini BPBD sudah mulai mendirikan posko penampungan dan melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) untuk mendirikan dapur umum di lokasi banjir.

Selain itu ada rencana untuk normalisasi Sungai Sail. Pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru untuk normalisasi. 

Ia tak menampik banjir disebabkan adanya drainase yang tidak berfungsi dan terjadinya pendangkalan sungai. Sehingga sungai ini tidak mampu menampung debit air yang cukup besar.  *