RAKORWIL MPW Pemuda Pancasila Riau Bahas Konsolidasi Organisasi Hingga Tingkat Basis

Jumat, 24 November 2023

PUBLIKTERKINI.COM,Pekanbaru - Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (RAKORWIL) di Hotel Furaya, Kota Pekanbaru, pada Sabtu (20/11/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan konsolidasi organisasi Pemuda Pancasila di Provinsi Riau sampai ke tingkat basis.

RAKORWIL dibuka oleh Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Riau, H. Arsadianto Rachman, yang juga merupakan Ketua MPW yang terpilih kembali secara aklamasi pada Musyawarah Wilayah (Muswil) Pemuda Pancasila ke X pada Februari 2022 lalu.

RAKORWIL diikuti oleh Ketua-ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Kabupaten/kota se-Provinsi Riau, serta Ketua-Ketua Badan dan Lembaga MPW Pemuda Pancasila Provinsi Riau, diantaranya, KOTI MAHATIDANA, SAPMA, Badan Siber & Informasi, BPPH, BP3, BPKTA, dan BPK.

Agenda dalam RAKORWIL ini diantaranya adalah Penyampaian Persiapan Menghadapi Pilpres dan Pemilu 2024 dengan Pembentukan Desk Pemilu 2024 masing-masing MPC Kabupaten/Kota dan Penyampaian Nama-Nama Fungsionaris MPC Dan  Kader Pemuda Pancasila Kabupaten/Kota Yang Mengikuti Pemilihan Legislatiif Tahun 2024 oleh MPC Pemuda Pancasila Kabupaten/Kota. 

Di dalam RAKORWIL juga membahas tentang konsolidasi Struktural Organisasi PAC dan Pimpinan Ranting (Vertikal) serta penyeragaman Masa Bakti PAC dan Pimpinan Ranting. Serta pelaksanaan rekrutmen dan pendataan keanggotaan berbasis

E-KTA Pemuda Pancasila, dan agenda-agenda internal penting lainnya.

Dalam sambutannya H. Arasadianto Rachman menegaskan bahwa khususnya pada momentum politik tahun 2024 ini Pemuda Pancasila harus memiliki daya tawar dan peran. Ditunjukkan dengan capaian pendataan keanggotaan Pemuda Pancasila yang bermasis mananejemen dan data melalui E-KTA. 

"Pemuda Pancasila Riau harus menyelesaikan capaian target E-KTA dan pemerataan target anggota di tingkat PAC setidaknya 150 anggota di setiap PAC hingga akhir Desember 2023 ini. Ini kita laksanakan demi membuat organisasi Pemuda Pancasila memiliki manajemen dan pendataan yang tersistem, sehingga kita memiliki daya tawar dan peta kekuatan yang terukur untuk memgambil peran dalam pemilihan umum tahun 2024", papar H. Arsadianto Rachman.

Dalam sambutannya H. Arsadianto Rachman juga menghimbau untuk seluruh kader Pemuda Pancasila mendukung kader Pemuda Pancasila yang menjadi peserta pemilu 2024. 

"Mari kita dukung kader-kader Pemuda Pancasila  yang mengikuti pileg 2024, kita dukung kader yang benar-benar aktif dan memiliki perhatian dan kontribusi kepada Pemuda Pancasila", tegas H. Arsadianto Rachman.

Victor Yonathan, S.H., M.Kn, yang merupakan Sekretaris MPW Pemuda Pancasila Provinsi Riau kepada media menyampaikan pentingnya penerbitan E-KTA (Kartu Tanda Anggota Elektronik) bagi anggota Pemuda Pancasila, yang memiliki barcode sebagai identitas resmi dan valid keanggotaan Pemuda Pancasila.

"Pemuda Pancasila sudah memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mempermudah administrasi keanggotaan kita. Dengan E-KTA, kita bisa mengetahui data anggota kita secara akurat dan terintegrasi. E-KTA juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kesejahteraan anggota kita, misalnya dengan memberikan fasilitas dari berbagai mitra kerja kita," jelas Victor Yonathan.

Victor juga menyampaikan bahwa setiap MPC Pemuda Pancasila yang sudah melakukan MUSCAB di 12 Kabupaten/Kota untuk segera melakukan pelantikan organisasi dan menggelar diklat kaderisasi organisasi Pemuda Pancasila untuk pemantapan nilai-nilai organisasi bagi pimpinan dan anggota Pemuda Pancasila hingga ke-tingkat basis.

Dalam paparannya Rahmad Rishadi S, S.H. Kabid OK MPW Pemuda Pancasila Riau juga menegaskan bahwa melalui P2C Kabupaten/Kota, seluruh MPC harus selalu sinergi dan melakukan koordinasi terkait capaian-capaian target yang diberikan oleh ormas Pemuda Pancasila.

RAKORWIL MPW Pemuda Pancasila Provinsi Riau berlangsung selama satu hari dan diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang bermanfaat bagi kemajuan organisasi Pemuda Pancasila di Provinsi Riau.