Memperingati HKN Ke-59, Dinas Kesehatan Provinsi Riau Berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau Gelar Parade Tenaga Kesehatan Inspirasi Anak Sekolah

Rabu, 08 November 2023

PUBLIKTERKINI.COM,Pekanbaru - Parade Tenaga Kesehatan Inspirasi Anak Sekolah merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 59 tahun 2023 di Provinsi Riau.

Pelaksanaan kegiatan ini ditaja oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau dengan Tema “Pekan Peduli Kesehatan Anak Sekolah” yang dilaksanakan dari tanggal 30 Oktober sampai tanggal 3 November 2023 di Sekolah Menengah Umum (SMU) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) baik Negeri maupun Swasta dengan jumlah sekitar 100 sekolah yang berada di Kota Pekanbaru.

Dinas Pendidikan Provinsi Riau memfasilitasi ke sekolah-sekolah dan Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyiapkan tenaga kesehatan sebagai narasumber.

Sekitar 20 sekolah setiap harinya (selama 5 hari) tenaga kesehatan berkunjung guna memberikan edukasi kesehatan kepada siswa/i SMU/SMK negeri maupun swasta di sekitar Kota Pekanbaru.

Dalam penjelasan kepala dinas kesehatan Provinsi Riau H. Zainal Arifin, SKM., M.Kes yang di wakili oleh Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan Provinsi Riau Elly Hayatinur, SP, M.Kes.

"Kegiatan ini adalah bentuk sinergi tenaga kesehatan yang ada di 30 Rumah Sakit Pemerintah maupun Swasta, 15 Institusi Pendidikan Tenaga Kesehatan, 20 Organisasi Profesi Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Riau beserta UPT nya turun ke sekolah sebagai Narasumber," ucap Kabid SDK

Lanjutnya, Dengan kegiatan ini dapat dilihat adanya kolaborasi serta jalinan kerja sama institusi kesehatan dan organisasi kesehatan dalam program kesehatan khususnya kesehatan remaja, kurang lebih 500 tenaga kesehatan yang melakukan diseminasi informasi ke sekolah-sekolah dan ada ribuan siswa yang terpapar dengan informasi kesehatan selama sepekan.

"Materi yang disampaikan diantaranya adalah upaya pencegahan resiko LGBT pada remaja, pencegahan penyakit HIV/AIDS pada temaja, bahaya NAPZA bagi generasi muda, pentingnya menjaga kesehatan mental pada remaja, bahaya merokok pada kesehatan dan anemia pada remaja, masing-masing narasumber dapat memberikan selain materi edukasi yaitu mensosialisasikan institusinya serta melakukan pemeriksaan kesehatan anak sekolah seperti gigi, mata dan pelayanan kesehatan lainnya,"jelas Elly Hayatinur, SP, M.Kes.

Tujuan dari kegiatan ini adalah menjadikan anak-anak remaja masa depan bangsa menjadi anak yang sehat, tahu segala sesuatu yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan serta dapat mencegahnya sedini mungkin.

Disamping itu, tujuan lain adalah menciptakan anak-anak remaja yang dapat menjadi Agent of Change Bidang Kesehatan di lingkungan sekolah dan keluarganya.

Semoga momentum kegiatan ini dapat berkelanjutan pada masa mendatang dalam rangka menjadikan Masyarakat Riau Sehat.(Kiky)