5 KK Rumah Warga Bencah Lesung Hancur Akibat Longsor

Jumat, 23 Desember 2022

PUBLIKTERKINI.COM,Pekanbaru - Rumah warga yang diterjang longsor akibat hujan deras yang mengguyur Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya sudah mulai dibersihkan. Nantinya rumah yang hancur ini akan dibangun kembali. Untuk tahap awal akan dilakukan secara swadaya.

Hal ini disampaikan Camat Tenayan Raya Abdul Barri S.IP kepada wartawan Kamis (22/12/2022). Ia mengatakan pihaknya sudah mengajak masyarakat setempat untuk melakukan gotong royong di lokasi terdampak.

"Tadi bersama warga juga sudah gotong royong bersama forum RT/RW setempat, kemudian masyarakat lurah camat di Bencah Lesung bersama-sama melakukan gotong royong di lokasi longsor tersebut," ujar Abdul Barri, Kamis (22/12/2022).

Ia mengatakan untuk kondisi rumah yang terkena longsor tersebut memang rata terbawa arus air. Seluruh bangunan yang terbuat dari kayu hanyut. Kondisi rumah habis dilanda banjir.

"Adapun langkah preventif awal, masyarakat kami mengajak masyarakat untuk melakukan gorong karena rumahnya ini dikategorikan masih kayu, bukan permanen," sebutnya.

"Makanya ini nanti bagaimana kita bergotong royong untuk bisa kembali berdiri lagilah rumahnya. Untuk awal kita lakukan langkah swadaya masyarakat. Kedepan mungkin bisa dimasukkan melalui bantuan rumah layak huni," imbuhnya.

Lanjut Abdul Barri, untuk saat ini solusinya adalah memang dilakukan gotong royong secara swadaya dulu, yang jelas nanti pemerintah tentu akan membantu juga.

"Warga juga ucapkan terimakasih kepada Pemko yang sudah bergerak cepat dalam penanganan musibah ini," pungkasnya.

Sementara itu, Lurah Bencah Lesung Alwis Septian S.IP menyampaikan sebanyak 5 Kepala Keluarga (KK) terkena dampak longsor bahkan 1 KK yang sangat parah sampai rumahnya rata dengan tanah.

" Jadi sebanyak 5 Kepala Keluarga (KK) rumah warga yang hancur akibat longsor bahkan 1 rumah sampai rata dengan tanah, insyaallah segera akan kita bangun kembali dengan bergotong royong " ujarnya 

Tak hanya dari masyarakat setempat saja yang melakukan gotong royong, pada kesempatan tersebut juga turut hadir Asisten II Setdako Pekanbaru, kemudian ada juga BPBD untuk pengawasan di lapangan, selanjutnya ada Baznas, Tenaga medis dari Dinas Kesehatan juga Dinas PUPR yang secara teknis melakukan beberapa langkah preventif.