Tausiyah Ba'da Zuhur, Kajati Riau : Pentingnya Memuliakan Ulama

Selasa, 22 November 2022

PUBLIKTERKINI.COM,Pekanbaru - Bertempat di Masjid Al-Mizan Kejaksaan Tinggi Riau Jl.jend. Sudirman, Pekanbaru, Riau, telah dilaksanakan Tausiyah Ba’da Dzuhur di Kejaksaan Tinggi Riau yang disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Riau dengan tema Pentingnya Memuliakan Ulama sekura pukul 12.30 WIB. Senin (21/11/2022)

Tausiyah yang disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Dr. Supardi tersebut, diikuti oleh pegawai di lingkungan Kejaksaan Tinggi Riau.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kejakasaan Tinggi Riau Dr. Supardi menyampaikan bahwa di zaman ini, ulama bukan hanya tidak diperhatikan dan disangka buruk, tetapi sudah ditentang dan dihina. "Menurut ajaran islam, perbuatan itu sangat berbahaya. Memang di dunia ini, tidak diragukan bahwa dalam setiap kalangan selalu ada yang baik dan ada yang buruk. Begitu pula di kalangan para ulama. Bahkan, lebih dari itu, dikalangan ulama telah bercampur ulama palsu dan ulama asli, ulama suu’(buruk) dan ulama rusyd (lurus)," ujar Kajari.

Namun, ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam masalah ini, tambahnya.

1. Jika seorang ulama belum dipastikan sebagai ulama suu', jangan sekali-kali kita membuat keputusan apapun terhadapnya.

2. Jika hanya karena berprasangka buruk bahwa si pembicara adalah ulama suu', janganlah sekali-kali membantah ucapannya begitu saja tanpa diselidiki terlebih dahulu, karena sikap seperti itu merupakan kezaliman.

Selanjutnya Kepala Kejakasaan Tinggi Riau Dr. Supardi juga menyampaikan, " Pentingnya Memuliakan Ulama. Kita dapat merealisasikan sikap menghormati dan memuliakan para ulama dengan beberapa hal berikut : (1) Bersyukur (berterima kasih) kepada mereka karena Allah lah keikhlasan dan kesabaran mereka dalam berdakwah, ilmu Al-Qur’an dan As-Sunnah pun tersebar hingga sampai kepada kita, (2) Menaati mereka dalam hal yang baik, (3) Mengikuti bimbingan dan arahan mereka, (4) Mengembalikan urusan umat kepada mereka.

Dengan dilaksanakan Tausiyah Ba’da Dzuhur tersebut diharapkan pegawai Kejaksaan Tinggi Riau dapat mengajak kepada kebaikan dan mencegah pada kemungkaran, "ini semua dilakukan semata-mata untuk memuliakan agama Allah diatas bumi-Nya, serta untuk kebaikan manusia itu sendiri." katanya.

Kegiatan Tausiyah Ba’da Dzuhur di Masjid Al-Mizan Kejaksaan Tinggi Riau mengikuti secara ketat protokol kesehatan (prokes).