Tes Kesamaptaan Catar Poltekip/Poltekim, Kepala Kanwil KEMENKUMHAM Riau Pastikan Seleksi Berjalan Transparan Dan Tanpa Kecurangan

Selasa, 20 September 2022

PUBLIKTERKINI.COM,Pekanbaru - Total 67 peserta Calon Taruna dan Taruni (Catar) Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) mengikuti ujian Kesamaptaan titik lokasi Pekanbaru bertempat di Markas Brimob Polda Riau, Selasa (20/9). Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari 30 orang peserta asal Sumatera Barat hadir lengkap dan 37 orang peserta asal Riau. Terdapat 2 orang peserta asal Riau tidak hadir tanpa keterangan dan dinyatakan gugur. Jalannya ujian Kesamaptaan dilakukan oleh anggota Satuan Brimob Polda Riau dibawah pimpinan Kabag Ops, Kompol Rivana Wahdi.

Memantau langsung pelaksanaan ujian, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd. Jahari Sitepu, didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Mulyadi, serta Kepala Bagian Umum, Nurhayati Sitorus, hadir di lokasi dan memberikan arahan kepada seluruh peserta. 

“Sampai ke titik ini bukanlah langkah yang mudah. Ada tahapan-tahapan ujian yang harus dilewati hingga kalian yang semua bisa berdiri di sini hari ini. Untuk itu kalian harus bersyukur dan jangan lengah. Tetap mawas diri dan tunjukkan kemampuan terbaik kalian. Buktikan kalian pantas berada di sini, dan jadi kebanggan bagi orangtua kalian,” sebut Kakanwil.

Tidak lupa Jahari memompa semangat para peserta agar selalu percaya pada kemampuan diri sendiri dan tidak terpengaruh pada oknum-oknum yang menjanjikan kelulusan. “Kelulusan merupakan hasil kerja keras dan doa adek-adek sendiri. Jangan percaya jika ada yang menjanjikan kelulusan. Bohong itu!” seru Jahari. 

Kakanwil juga membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi para peserta yang merasa adanya kecurangan dan ketidakadilan dalam pelaksaan ujian agar dapat menyampaikan keluhan dan komplain kepada bagian terkait. "Demi transparansi, seleksi ini juga disiarkan langsung melalui akun media sosial Kanwil Kemenkumham Riau. Kalian bisa menyaksikan ulang seleksi ini kapan saja dan dimana saja. Jadi benar-benar transparan dan dapat dipertanggungjawabkan!" sebut kakanwil lagi.

Adapun susunan ujian yang diikuti oleh peserta meliputi pengecekan administrasi, pengisian formulir dan pembagian nomor dada lalu disusul dengan cek tensi dan pemeriksaan barcode peduli lindungi. Diawali dengan pemanasan, ujian pertama ditandai dengan Kesamptaan A yang dilakukan dengan lari 12 menit. Selanjutnya peserta mengikuti ujian Kesamptaan B. bagi para peserta pria, kesamaptaan B terdiri dari pull up, sit up, push up dan shuttle run. Sementara pagi peserta wanita, kesamaptaan B terdiri dari chinning, modified sit up, modified push up dan shuttle run. Hasil ujian akan direkap oleh panitia untuk diumumkan pada pukul 17.00 WIB di papan pengumuman pada Kanwil Kemenkumham Riau dan Markas Brimob Polda Riau.

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Sumatera Barat, Ramelan Suprihadi, beserta Kepala Bagian Umum, Hasran Sapawi, beserta tim turut hadir langsung selaku perwakilan dari Kantor Wilayah Sumatera Barat untuk memastikan seluruh rangkaian ujian berjalan lancar tanpa halangan berarti.