Sampan Melangsir Sawit di Bengkalis Tenggelam, Tiga Pekerja Selamat, Satu Hilang

Rabu, 31 Agustus 2022

Tim SAR gabungan dibantu warga saat melakukan pencaharian korban hilang di Bengkalis

PUBLIKTERKINI.COM, Pekanbaru - Seorang penumpang dalam sampan bernama Fakhrudin (40), jantuh dan tenggelam di Sungai Siak Kecil, Desa Tanjung Belit, Kabupaten Bengkalis, sewaktu mengangkut buah sawit, Selasa (30/8/2022) sekitar pukul 13.00 Wib. 

Hingga saat ini, keberadaan korban masih belum diketahui. Saat ini tim SAR gabungan masih melakukan upaya pencarian terhadap korban.

Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko membenarkan peristiwa itu. Dari pengakuan sejumlah saksi yang juga berada disampan korban menaiki sampan bersama Riswan (32), Kamisri (30), dan Ramzi (28). 

"Benar ada peristiwanya. Mereka bekerja melangsir buah sawit dari kebun milik Haji Wawan," ujar Indra Wijatmiko saat dikonfirmasi, Rabu (31/8/2022).

Indra menjelaskan, peristiwa itu berawal sewaktu korban Fakhrudin bersama tiga orang temannya sedang mengangkut buah kelapa sawit menggunakan sampan dari kebun milik Haji Wawan menuju ke tempat bongkar buah sawit.

"Saat perjalanan di sungai Siak Kecil di tikungan sungai di depan Water Intek Pertamina, sampan yang digunakan terbalik lalu tenggelam," jelasnya.

Mereka berempat berusaha untuk berenang ke tepi sungai dan di selematkan oleh warga yang langsung memberitahukan kepada pihak kepolisian atas kejadian itu. Namun Fakhrudin tidak ditemukan.

"Saat berenang untuk menyelamatkan diri saksi berusaha untuk menyelamatkan korban. Namun tangan korban tidak dapat diraih dan hilang tenggelam ke sungai," kata Indra.

Terpisah, Kepala Kantor SAR Pekanbaru I Nyoman menuturkan, pencarian korban dilakukan sejauh 2 kilometer dari lokasi kejadian dengan menyisir menggunakan perahu karet.

"Pencarian korban dilakukan dengan menyisir sungai sejauh 2 km dari kejadian. Mudah-mudahan korban dapat segera ditemukan," kata Nyoman.

Ia menyebutkan, tim SAR menerima informasi adanya sampan yang tenggelam di Sungai Siak Kecil, Desa Tanjung Belit, Kabupaten Bengkalis, pada Selasa (30/8/2022) siang. 

Laporan itu langsung ditindalanjuti tim SAR dengan menuju ke lokasi guna melalukan pencarian. 

"Hingga kini tim masih melakukan pencarian. Namun, jenazah korban juga belum ditemukan. (dm)