Tim Kukerta Abdimas UNRI 2022 melakukan sosialisasi pemasaran digital disetiap UMKM yang ada di Kelurahan Air dingin

Senin, 01 Agustus 2022

PUBLIKTERKINI.COM,Pekanbaru - Mahasiswa Universitas Riau (UNRI) yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan ditugaskan di Kelurahan Air Dingin , Pekanbaru, 31 Juli 2022, mengadakan sosialisasi disetiap UMKM yang ada di Kelurahan Air Dingin terkhusus diwilayah RW 04 dengan tema “Peningkatan Manajemen Pemasaran Digital dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif di Kelurahan Air Dingin Kota Pekanbaru”. Dr. Neni Hermita, S.Pd, M.Pd. dan Tim selaku Dosen Pembimbing Lapangan kukerta abdimas UNRI 2022, turut andil dalam menyukseskan kegiatan sosialisasi tersebut.

Sosialisasi tersebut ditujukan kepada setiap UMKM yang ada di Kelurahan Air Dingin terkhususnya di RW 04 dengan mendatangi setiap tempat tempat usaha yang ada di RW 04. Dalam Kunjungan kesetiap tempat Usaha tersebut, Pemilik Usaha sangat senang dalam menyambut Mahasiswa KKN dalam mendukung segala kegiatan yang berguna untuk membantu dalam mengembangkan dan memasarkan segala jenis usahanya, salah satunya Pemilik Usaha BUNTEA yang terdapat di RT 03 RW 04 Kelurahan Air Dingin.

“Dengan kemajuannya Zaman dan berkembangnya teknologi pada saat ini, pemasaran sebuah produk usaha dapat dilakukan melalui media sosial seperti Intagram, Facebook, dan media sosial lainnya yang telah digunakan pada saat ini”, Tutur Debi F Putra Gaurifa, selaku Ketua Pelaksana saat menjelaskan kepada bu Yanti mengenai tujuan dan maksud kedatangan

“Mengenai pemasaran usaha melalui media sosial ini, ibu sangat tertarik dan ibu menyambut baik anak anak KKN turut membantu kami dalam mempromosikan usaha kami yang ada di Kelurahan Air Dingin ini,” Ujar Bu Yanti selaku pemilik usaha BUNTEA.

Selain itu, Debi juga menjelaskan bahwa tujuan lain dari kegiatan ini untuk membekali masyarakat dengan pengetahuan mengenai pemasaran digital serta mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan usaha rumahan yang dijalankan. Kesulitan masyarakat dalam melakukan pemasaran secara online sehingga diperlukan sosialisasi saluran pemasaran digital agar dapat menginspirasi masyarakat untuk mengembangkan usahanya melalui saluran pemasaran digital.

Antusias Bu Yanti terlihat ketika banyak pertanyaan pertanyaan yang diajukan kepada narasumber, dan hal ini merupakan salah satu respons yang baik.

“Harapannya setelah diadakan kegiatan seperti ini, masayarakat di Kelurahan Air terkhusus di RW 04 dapat memahami dan mengetahui cara pemasaran melalui saluran digital, serta yang paling utama membantu dalam membentuk dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam pemasarannya,” tambah Tiara.