Ini Pemenang Sayembara Parkir

Ahad, 08 Agustus 2021

Yuliarso

Publikterkini.com - Setelah sekian lama, akhirnya sayembara parkir sudah afa pemenangnya. Dalam hal ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal menyerahkan pengelolaan parkir tepi jalan ke pihak swasta. Ada sejumlah kecamatan yang nantinya diambil alih langsung oleh swasta. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan, pihaknya telah melakukan sayembara pengelolaan parkir dalam ruang tepi jalan guna menunjuk pihak swasta sebagai rekanan pemerintah kota. 

"Sudah ada (rekanan) pemenangnya. PT Yabisa Sukses Mandiri," kata Yuliarso, Sabtu (7/8/2021) malam.

Menurutnya, rekanan ini terpilih setelah mengikuti sayembara sejak tiga pekan lalu. Ia lolos seleksi dan sesuai standar pengelolaan yang diinginkan pemerintah kota berbasis teknologi. 

Rekanan ini mengelola parkir tepi jalan di beberapa kecamatan di Kota Pekanbaru. Diantaranya, Kecamatan Tuah Madani, Binawidya, Marpoyan Damai, Payung Sekaki, Bukit Raya dan Tenayan Raya. 

"Kita ikat dengan perjanjian kerjasama selama 10 tahun. Nanti kita serahkan pengelolaannya mulai 1 September (2021)," jelasnya. 

Ia menyebut, dalam perjanjian kerjasama sepuluh tahun tersebut, rekanan harus mampu mengejar target Rp 409 miliar. 

"Targetnya naik Rp2 miliar. Sebelumnya Rp407 miliar. Tapi mereka menyanggupi Rp409 miliar," ulasnya. 

Pengelolaan parkir tepi jalan kedepan bakal menggunakan pembayaran non-tunai (e-cash). Ada sekitar 200 titik pemasangan mesin pembayaran parkir non-tunai. 

"Ini bakal dipasang secara bertahap. Untuk waktu dekat di ruas Jalan protokol dulu," ungkapnya. *