Anies Baswedan Kabarkan 2 Harimau Sumatera di Ragunan Terpapar Covid-19

Ahad, 01 Agustus 2021

Publikterkini.com -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengabarkan dua harimau yang berada di Taman Margasatwa Ragunan terpapar Covid-19.

Dua harimau bernama Tino dan Hari terpapar pada 15 Juli lalu dan masih dalam perawatan khusus.

"Di Taman Margasatwa Ragunan mereka tinggal. Ya, Hari dan Tino adalah Harimau Sumatera. Mereka didiagnosis positif Covid-19 pada 15 Juli lalu," kata Anies dalam unggahan instagramnya @aniesbaswedan, Minggu (1/8/2021).

Gubernur Jakarta lantas menceritakan kronologis dua harimau Sumatera terpapar Covid-19 ini.

"Sekitar 3 minggu lalu, perawat satwa di Ragunan memperhatikan bahwa Hari dan Tino tampak sakit. Mereka seperti memiliki gejala Covid-19, yakni flu, lemas dan sesak nafas," kata Anis Baswedan, dikutip dari akun Instagram @aniesbaswedan.

TMR pun sigap dan memanggil petugas swab untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Swab milik Hari dan Tino dikirimkan ke Laboratorium Biotelnologi milik Pusat Studi Satwa Primata, Institute Pertanian Bogor. Ternyata hasil tes PCR mengungkapkan Hari dan Tino positif Covid-19," kata Anies Baswedan menjelaskan.

Kasus Tino dan Hari memang bukanlah hal pertama, hewan terpapar Covid-19. Tentunya perawatan satwa dan manusia dalam keadaan Covid-19 berbeda.

Meskipun tak bisa isolasi di Wisma Atlet, Anies Baswedan menerangkan, kini kondisi Hari dan Tino telah berangsur pulih dan tampak aktif.

"Kita berdoa semoga Allah SWT segera mengangkat cobaan pandemi ini agar kita semua, termasuk Hari dan Tino bisa kembali beraktivitas sedia kala," kata Anies Baswedan.