Heboh, Ada Belatung Dilauk Makan Siang Pasien Covid-19 di Indragiri Hilir

Sabtu, 10 Juli 2021

Publikterkini.com - Heboh ditemukan belatung pada jatah makan siang pasien COVID-19 yang isolasi di Islamic Center Kota Tembilahan Indragiri Hilir, Riau. Persisnya ditemukan hewan menjijikan itu di bagian daging ikan yang menjadi menu makan siang, Jumat (9/7/2021).

Juru Bicara (Jubir) Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Inhil Trio Beni Putra mengatakan pihaknya sudah menindaklanjuti temuan tersebut dan hasilnya jenis ikan yang terdapat belatung bukan merupakan menu ikan yang akan disajikan oleh pihak katering atau penyedia makanan.

“Kita sudah cross check ke penerima catering, pengakuan mereka untuk hari ini pihaknya tidak ada mengirim jenis ikan seperti yang dilihat karena tidak termasuk dalam menu lauk ikan hari ini,” katanya dikutip dari Antara.

Ia melanjutkan, bahwa berdasarkan pemeriksaan jenis ikan yang diolah pihak katering hari ini berbeda dengan ikan yang berbelatung tersebut. Bahkan dari segi warna dan kondisi ikan yang tampak busuk.

“Kita juga mendapati lauk yang berbeda. Tadi sudah kita bandingkan dengan ikan-ikan lain yang menjadi menu makan siang hari ini,” jelasnya.

Meski begitu, Dinas Kesehatan Inhil akan menelusuri kebenaran peristiwa yang cukup mengejutkan ini.

Sebab, baru kali ini ada temuan ulat yang disinyalir karena kesalahan atau kurangnya ketelitian dalam memilih lauk buat pasien Covid-19.

Afrizal mengakui, anggaran konsumsi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi memang belum cair. Anggaran itu sementara ditalangi pihak katering.

Terdapat 71 pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di Gedung Islamic Center Tembilahan.

"Anggaran tersedia, tapi pencairan dana tersebut masih dalam proses. Sampai saat ini sudah sebanyak 7.199 porsi sejak 7 Juni 2021 lalu. Sampai saat ini, memang masih ditalangi pihak penyedia katering," akui Afrizal.