Makna Kebangkitan Bangsa

Jumat, 21 Mei 2021

M Yogi Riantama Isjoni SE MM (Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)

Bangsa Indonesia telah menikmati kemerdekaan selama 113 tahun, namun apa yang terjadi masyarakat Indonesia  masih ada orang yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Tidak sedikit orang di negeri ini yang mempunyai jabatan melakukan tindakan korupsi. Tindakan tersebut merupakan tindakan yang tidak bermoral, tindakan tidak manusiawi, bahkan tindakan biadab. 

Pegawai yang melakukan korupsi ini membuat orang marah, menjadikan kesusahan banyak orang, mengapa pegawai yang sudah digaji cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dan sudah disumpah untuk tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum seperti korupsi.

Salah satu point terpenting dalam kebangkitan bangsa adalah nilai akhlakul khorimah.  Islam memandang pendidikan sangatlah penting bagi manusia, karena sesungguhnya dengan pendidikan manusia akan mampu menyadari fitrahnya sebagai makhluk ciptaanNYA.  

Dalam konteks pendidikan  Membangun Karekter (character building) adalah suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki dan atau membentuk tabiat, watak, sifat kejiwaan, akhlak (budi pekerti), insan manusia (masyarakat) sehingga menunjukkan perangai dan tingkah laku yang baik dan dapat menjadi contoh dimasyarakat.  Dalam pembentukan kepribadian ini, tentunya dimulai dari Perhatian Pemerintah kepada sektor PENDIDIKAN.

Indonesia sudah kebanyakkan orang pintar, tapi kekurangan orang jujur. Untuk itu perlu adanya pembentukkan character building agar terciptanya kepemimpinan yang baik dan jujur.

Ayo bangkit ! Kita bangsa yang tangguh !