Kanal

Presiden Jokowi Minta Pengembangan Mobil Listrik Dipercepat

Publikterkini.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia memiliki potensi untuk bertransformasi menuju green teknologi. Sebab itu dalam mengembangkan industri otomotif, green teknologi bia menjadi tumpuan negara.

"Penggunaan energi terbarukan seperti B30 ,b100 juga harus terus dilanjutkan," kata Jokowi saat membuka acara Pameran Otomotif Indonesia International Motor Show Hybrid 2021 secara virtual dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/4).

Tidak hanya itu dia juga meminta agar industri mobil listrik bisa dipercepat. Sehingga Indonesia kata Jokowi bisa menjadi unggulan di Tanah Air.

"Pengembangan industri mobil listrik. Ini juga harus dipercepat dan kita harapkan menjadi salah satu industri unggulan Negara kita Indonesia," ungkapnya.

Oleh karenanya, Jokowi meminta pengembangan industri otomotif segera diakselerasi.

Keterlibatan pelaku usaha mulai dari hulu sampai hilir harus ditingkatkan.

Peran industri usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam rantai pasok juga mesti terus didorong. Nilai tambah untuk ekonomi dalam negeri pun harus jadi prioritas.

"Tentu saja yang paling penting adalah penyerapan tenaga kerja lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Golnya adalah di sini," kata Jokowi.

Industri otomotif, lanjut Jokowi, harus jadi prioritas pengembangan investasi.

Pemerintah berjanji untuk meningkatkan iklim investasi, salah satunya melalui pembentukan Undang-undang Cipta Kerja dan Lembaga Pengelola Investasi atau Indonesia Investment Authority.

"Kebijakan relaksasi pajak juga telah diterbitkan pemerintah untuk mendongkrak penjualan dan daya beli produk otomotif untuk mendorong makin banyak permintaan, agar ada demand di situ yang bisa menggerakkan industri otomotif kita," tutur Jokowi.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER