Kanal

Tim KUKERTA ABDIMAS UNRI 2022 Melakukan Penyerahan Logo Dan SERTIFIKAT NIB Kepada Salah Satu UMKM Di RT O3/RW 02 Kelurahan Air Dingin

PUBLIKTERKINI.COM,Pekanbaru - Mahasiswa Universitas Riau (UNRI) yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mulai melakukan kegiatan KUKERTA pada tanggal 01 Juli 2022 dan ditugaskan di Kelurahan Air Dingin. Fokus kegiatan KUKERTA yang dijalani oleh para mahasiswa adalah mengenai pemasaran digital bagi masyarakat yang mempunyai suatu usaha.

Dalam Kelompok terdapat 10 mahasiswa yang ikut dalam kegiatan KUKERTA, yaitu Taufiq Afif Fajar, Nabila Sanda, Kinanti Resti Fany, Syafira, Danu Mangippu Pasaribu, Rischa Yulia, Gita Permata Mulya, Tri Andini, Rikki Ananda, dan Muhammad Hafizalfiqri. Kelompok KUKERTA ditempatkan diwilayah RW 02 Kelurahan Air Dingin untuk melakukan sosialisasi mengenai manfaat dan pengaruh pemasaran digital terhadap UMKM di wilayah tersebut dengan tema “Peningkatan Manajemen Pemasaran Digital dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif di Kelurahan Air Dingin Kota Pekanbaru”, yang dimana kegiatan ini dibimbing oleh Dr. Neni Hermita, S.Pd, M.Pd., selaku Dosen Pembimbing Lapangan KUKERTA ABDIMAS UNRI 2022.

Setelah melakukan sosialisasi door to door kepada setiap pelaku UMKM di RW 02 Kelurahan Air Dingin, maka didapatkan satu UMKM yang sesuai dengan tema kegiatan KUKERTA ABDIMAS UNRI 2022, dimana UMKM tersebut belum memiliki logo, NIB, dan akun pemasaran digital.

Kegiatan awal yang dilakukan pada UMKM tersebut adalah sosialisasi kembali mengenai tujuan kegiatan KUKERTA dan meminta kesediaan pelaku UMKM, yaitu Ibu Lilik untuk membantu dalam mengembangkan dan memasarkan usaha tersebut secara digital. “Jadi, kegiatan yang kami laksanakan adalah kami akan membantu melakukan pemasaran melalui media sosial dan platform penjualan online, seperti Shopee dan Tokopedia,” tutur Taufiq, selaku Ketua Kelompok KUKERTA.

“Kami juga akan membantu melakukan pembuatan NIB yang berguna untuk melegalkan usaha dan juga sebagai identitas berusaha, juga sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan izin usaha dan izin komersial. Kami juga akan membantu dalam pembuatan logo dikarenakan usaha Ibu Lilik belum memiliki logo,” jelas Danu, sebagai Tim HUMAS Kelompok KUKERTA. Pelaku UMKM, yaitu Ibu Lilik terlihat antusias setelah mendapat penjelasan mengenai kegiatan KUKERTA dan bersedia dengan senang hati untuk usahanya dibina oleh kelompok KUKERTA.

Pada tanggal 03 Agustus 2022, Kelompok KUKERTA sudah selesai melaksanakan kegiatan KUKERTA, seperti pembuatan akun OSS, pembuatan sertifikat NIB, juga mendesain dan mencetak logo untuk UMKM yang dibina. Kelompok KUKERTA kemudian melakukan penyerahan sertifikat NIB dan logo kepada Ibu Lilik yang disaksikan oleh Ibu Rita, selaku Ketua RT 03 di RW 02.

“Alhamdulillah, usaha kentang Mustofa Ibu sudah ada logonya dan juga sudah punya sertifikat NIB. Ibu merasa terbantu sekali dari kegiatan adik – adik KKN. Harapannya semoga banyak UMKM yang terbantu seperti Ibu,” ucap Ibu Lilik, selaku pemilik usaha Kentang Mustofa.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER