Kanal

Unik, Perantau di Pariaman Gunakan Parit Sawah Untuk Budidaya Ikan Koi

PUBLIKTERKINI.COM,Padang Pariaman - Seorang pria bernama Ananta Mayadi (56) memanfaatkan parit atau selokan sawah untuk budidaya ikan koi. Mayadi merupakan perantau di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Mayadi mengatakan, dirinya memanfaatkan parit atau selokan sawah di kampung halamannya di Korong Kampuang Koto, Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau.

"Saya ingin memancing animo masyarakat untuk memanfaatkan potensi daerah sebagai sumber penghasilan," kata Ananta Mayadi, Senin (21/3/2022).

Selain ikan koi, dia juga membudidayakan jenis ikan nila di parit sawah. Meski begitu, dirinya tetap memprioritaskan ikan koi sebagai andalan untuk peningkatan ekonomi.

"Ikan hias jenis koi lebih bernilai ekonomi dibandingkan dengan ikan nila atau jenis ikan lainnya untuk konsumsi. Kalau ikan nila kan dijual per kilo kalau ikan koi per ekor, harganya tergantung jenisnya dan ukurannya. Makin lama harganya makin tinggi," katanya.

Mayadi mengaku sudah menebar 2.000 bibit ikan koi yang ditebar di parit atau selokan dengan panjang sekitar 25 meter dan lebar 2,5 meter. Saat ini ikan-ikan tersebut sudah mulai besar.

Hingga saat ini pria pensiunan perusahaan sawit di Riau tersebut belum menjual ikan yang dibudidayakannya karena usaha yang digandrunginya itu baru berjalan satu bulan.

Rencananya dirinya akan membuat pembenihan ikan koi dengan memanfaatkan sawah yang kurang produktif di lahan yang dimilikinya.

"Ini juga akan menjadi cikal bakal pendirian objek wisata edukasi yang bernama Sikuchan Park," katanya.

Ia menjelaskan Sikuchan Park tersebut tidak saja menghadirkan parit atau selokan dengan panjang sekitar satu kilometer yang berisi ikan koi namun juga kuliner dan ekonomi kreatif.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman Anton Wira Tanjung mengatakan pembudidaya ikan koi di kolam sudah banyak terdapat daerah itu tapi untuk budidaya di parit sawah belum ada selain dari yang di Sungai Limau.

"Ini unik dan menarik, kami akan meninjau budidaya ikan koi di parit tersebut," kata dia.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER