Kanal

Organisasi Solok Saiyo Sakato (S3) Adakan Pemilihan Ketua DPC Tualang

PUBLIKTERKINI.COM, SIAK - Organisasi Solok Saiyo Sakato (S3) adakan Pemilihan Ketua DPC Kecamatan Tualang pada tanggal 20 November 2021, Pemilihan dilaksanakan di jalan A.R Hakim (Jl.SMA) Perawang di Rumah Makan Silvia ujar Sekretaris Panitia Pemilihan Indra Subrata kepada awak media Publik Terkini Rabu (10/11/2021).

Sejumlah nama muncul sebagai calon Ketua  Solok Saiyo Sakato (S3)  menjelang dilaksanakannya Pemilihan pada tanggal 20 November 2021 mendatang. Di antaranya, Eljonedi Mangkuto Alam, Bissabri Rajo Bonsu, Oktavianus S.A., S.Kom, Afdal S.T. 

Sekretaris Panitia juga menyampaikan bahwa pemilihan S3 ini adalah untuk mencari pemimpin organisasi perantau yang berasal dari Kabupaten Solok,Kota Madya Solok dan Solok Selatan. dengan adanya S3 yang baru akan terbentuk ini di harapkan seluruh Perantau di Kecamatan Tualang yang berasal dari tiga Kota/Kabupaten tersebut bisa berkumpul di satu wadah dan bisa saling mempererat silahturahmi antar perantau, ujar Indra.

Pada saat yang sama Ketua Panitia Amrizal Malin Putiah juga menyampaikan Bahwa "Semoga Kepengurusan S3 ini terbentuk dan di pimpin oleh ketua terpilih dapat hendaknya menjalankan roda organisasi dengan baik sehingga semua masyarakat Solok ini makin kompak dengan program program yang akan di jalankan" ujar ketua Panitia.

Solok Saiyo Sakato yang disingkat S3 adalah suatu organisasi para perantau Minangkabau yang berasal dari tiga daerah tingkat II yang punya kemiripan budaya dan sejarah serta hubungan emosi/kekerabatan, yaitu Kota Solok, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat.

Ide awal pembentukan S3 bermula pada tahun 1984 dan pada tahun itu juga langsung diadakan Musyawarah Besar (Mubes) dalam tingkat lokal. Sedangkan Musyawarah Besar Nasional yang pertama dilaksanakan pada tanggal 7-8 Januari 2009 di Gedung Nasional Muaro Labuah, Solok Selatan, Sumatra Barat. Organisasi yang berpusat di Jakarta ini sedikitnya sudah punya cabang di 11 provinsi di antara 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Pendirian organisasi ini bertujuan menghimpun potensi ekonomi dan intelektual untuk kemaslahatan masyarakat kampung halaman di tiga wilayah yang tergabung dalam organisasi itu khususnya dan masyarakat luas lain pada umumnya.

Solok Saiyo Sakato (S3) terdiri dari beberapa organisasi perantau yang berasal dari nagari (desa/kelurahan) yang lebih kecil. Beberapa di antara organisasi nagari asal yang tergabung dalam S3:

- PWKOS (Persatuan Warga Kota Solok)
- SAS (Sulit Air Sepakat)
- KWARTAB (Kerukunan Warga Tanjung Balit)
- IKTAS (Ikatan Keluarga Talang Sekitarnya)
- IKC (Ikatan Keluarga Cupak)
- IKASMA (Ikatan Keluarga Alahan Panjang, Surian, Muaro Labuah)
- IKKOS (Ikatan Keluarga Koto Sani)
- KWKS (Kerukunan Warga Kinari Sekitarnya)
- IKLDS (Ikatan Keluarga Lembang Jaya Danau Kembar dan Sekitarnya)
- IKKa (Ikatan Keluarga Kacang).
(Sumber Sejarah Wikipedia).*

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER