Kanal

Sayembara Parkir Masuk Tahap Seleksi

Publikterkini.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru telah memulai sayembara parkir untuk menunjuk pihak ketiga pengelolaan parkir tepi jalan di Kota Pekanbaru. 

Saat ini proses sayembara parkir tengah memasuki tahapan seleksi pemilihan rekanan kerja. Ada sejumlah perusahaan yang mengikuti sayembara tersebut. 

"Sudah tahapan seleksi. Sayembara sudah berjalan tiga minggu," kata Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso, hari ini.

Menurutnya, sayembara bakal rampung dalam beberapa pekan kedepan. Nantinya pengelolaan parkir tepi jalan diserahkan ke pihak ketiga berdasarkan wilayah kerja masing-masing. 

Rekanan dibatasi dengan wilayah kerja. Pembagiannya ada tiga wilayah kerja yang akan di kerjasamakan. 

"Wilayah I lokasi nya di 88 ruas jalan kemarin. Wilayah II diluar itu, ada (Kecamatan) Tampan sebagaian," terangnya. 

Kemudian beberapa titik ruas jalan di Kecamatan Rumbai Pesisir, dan Kecamatan Rumbai. Hingga saat ini ada sejumlah pihak ketiga yang mendaftar sebagai peserta sayembara. Diantaranya, PT. Yabisa Sukses Mandiri, PT. Gerbang Air, dan PT Berkah Riau Mandiri. 

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memasang target capaian PAD dari retribusi parkir mencapai Rp36 miliar per tahun. 

Sayembara ini merupakan kedua kalinya pasca pihaknya telah memutus kontrak kerja dengan mitra kerja sebelumnya. Ia menegaskan, dalam sayembara ini pihaknya lebih selektif dalam menentukan mitra kerja. 

Selain harus dapat memeberikan PAD yang tinggi ke pemerintah kota, mitra kerja harus mampu memenuhi seluruh poin perjanjian kerjasama. Salah satunya pengelolaan parkir yang nantinya berbasis elektronik. Mitra kerja harus mampu mengelola dengan manajemen yang baik dan berbasis IT.

Karena ada rencana pembayaran retribusi parkir menggunakan e-money (uang elektronik). Sarana prasarana penunjang harus mampu dipenuhi mitra kerja kedepannya. 

Namun, pengelolaan parkir berbasis elektronik ini tidak sekaligus diterapkan di sejumlah ruas jalan yang di kerjasama kan. Ini bakal diterapkan secara bertahap kedepannya. Namun, untuk tahap awal bakal diprioritaskan bagi ruas jalan protokol. *

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER