Kanal

Pencarian Korban Apartemen Ambruk di Florida Dihentikan Sementara

Publikterkini.com - Sebanyak dua jenazah terbaru yang ditemukan tim SAR, menambah jumlah korban tewas di apartemen ambruk Florida menjadi 24 orang.

Kemudian pada Sabtu (3/7/2021) otoritas setempat berkata, akan merobohkan sisa bangunan sebelum datangnya Badai Tropis Elsa.

Angin badai bergerak ke utara dan sekarang sedang menuju Florida, Amerika Serikat.

Sembilan hari setelah ambruknya apartemen di kota Surfside, 124 orang masih dinyatakan hilang, kata Wali Kota Miami-Dade County, Daniella Levine Cava.

Diberitakan AFP, harapan untuk menemukan orang yang masih hidup semakin menipis.

Sebagian besar gedung Champlain Towers South setinggi 12 lantai itu ambruk pada dini hari tanggal 24 Juni.

Champlain Towers tiba-tiba roboh pada saat sebagian besar penghuninya sedang tertidur.

Keselamatan ratusan anggota tim SAR di TKP sekarang dikhawatirkan, seiring ancaman badai Elsa yang mengintai.

Operasi pencarian dan penyelamatan korban insiden bangunan roboh di Surfside dekat Miami Beach, Florida, Amerika Serikat, dihentikan sementara pada Sabtu, 3 Juli 2021.

Dikutip dari laman DW, Asisten Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Miami-Dade, Raide Jadallah, menginformasikan semua keluarga korban bahwa operasi pencarian dihentikan sementara pada Sabtu petang.

Sekitar pukul 16.00 waktu setempat, tim penghancur mulai menggali lubang di beberapa titik Champlain Towers. Otoritas setempat memutuskan merobohkan keseluruhan bangunan untuk menghindari insiden serupa.
 
Jadallah mengatakan, Champlain Towers belum akan dirobohkan hingga setidaknya Senin besok. Sementara Gubernur Florida Ron DeSantis memprediksi persiapan penghancuran akan memakan waktu sekitar 36 jam.
 
Otoritas Florida ingin mempercepat upaya penghancuran demi melanjutkan proses pencarian dan menghindari dampak buruk dari badai tropis Elsa yang semakin mendekat. Datangnya Elsa dikhawatirkan dapat memperburuk situasi di lapangan.
 
Badai tropis Elsa telah menerjang sejumlah pulau di Karibia, dan sejauh ini telah menewaskan setidaknya tiga orang.
 
"Saya khawatir (Elsa) dapat merobohkan bangunan (Champlain Towers), dan puing-puingnya bisa saja jatuh ke arah yang salah." tutur Wali Kota Surfside, Charles Burkett.
 
Ia khawatir puing Champlain Towers dapat jatuh ke arah reruntuhan tempat berlangsungnya operasi pencarian korban.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER