Kanal

Timbangan TPA 2 Muara Fajar Diaktifkan

Publikterkini.com - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru mengaktifkan timbangan truk sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) 2 Muara Fajar, Kecamatan Rumbai.

Dimana timbangan truk sampah ini belum pernah digunakan sebelumnya sejak dibangunnya TPA 2 Muara Fajar. Pengaktifan timbangan juga setelah Kepala DLHK Marzuki dan bawahannya ditegur Walikota saat peninjauan terkait timbangan yang tak pernah digunakan. 

"Kami sudah mengaktifkan timbangan di TPA 2 Muara Fajar. Timbangan ini memang tak pernah diaktifkan sejak awal pembangunan TPA 2," kata Kepala Bidang Persampahan DLHK Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi, Kamis (17/6/2021). 

Pihaknya juga merancang sebuah sistem aplikasi timbang truk di TPA Muara Fajar. Aplikasi sistem informasi truk timbang dirancang secara online. Aplikasi ini terhubung langsung dengan operator timbang yang berada di TPA 1 Muara Fajar. 

Namun, aplikasi ini masih digunakan secara private oleh bidang pengelolaan sampah. Ia mengatakan, alur kegiatan timbang sampah yaitu Operator Log in menggunakan barcode masing-masing.

"Saat menjalankan aplikasi timbang, supir memberikan surat jalan dan kartu barcode,  operator scan kartu barcode lalu memilih nama supir sesuai yang SPJ, dan setelah selesai, aplikasi print kartu timbang yang telah otomatis memproses kalkulasi berat bersih sampah sesuai perhitungan secara online," jelasnya.

Ia mengungkapkan, selain pengaktifan timbangan, Walikota juga meminta agar jalur buang dari gerbang langsung ke bagian belakang. Ada sekitar 40 meter lagi jalur truk untuk buang sampah di bagian belakang yang ditambah pada 13 Juni lalu. *

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER